Jakarta, CNBC Indonesia – Calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo, tiba-tiba bicara soal pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga kenaikan harga minyak. Momen itu terjadi usai Ganjar menghadiri sidang pengucapan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 yang dibacakan hakim MK hari ini. MK memutuskan menolak seluruh permohonan Ganjar-Mahfud.

Dalam keterangan kepada wartawan, politikus PDI Perjuangan itu bilang, apapun keputusan MK, Ganjar-Mahfud menerima. “Dan tentu kami mengucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan PR bangsa ke depan bisa diselesaikan,” ujar Ganjar di gedung MK, Jakarta, Senin (22/4/2024).

Dia lantas menyinggung isu-isu terkini, salah satunya terkait nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. “Hari ini dolar menguat (rupiah) jatuh, hari ini ada perang yang bisa bertambah dengan titik depan yang makin banyak. Harga minyak naik, kebutuhan pangan musti dicukupi,” kata Ganjar.

“Saya kira itu PR-PR yang jauh lebih penting untuk diselesaikan daripada sekadar kita berdebat yang tidak usai terkait hasil ini,” lanjutnya.

Terkait putusan MK, Ganjar mengatakan prosesnya sudah berjalan. Ganjar, Mahfud beserta Tim Hukum Ganjar-Mahfud pun sudah menjalani semua proses.

Eks gubernur Jawa Tengah itu lantas mengucapkan terima kasih kepada partai pendukung, partai pengusung, Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, warga masyarakat, dan hakim MK. “Hakim majelis saya apresiasi yang pertama menerima prosesnya dari awal dan kemudian menyidangkan sampai kemudian tadi diputuskan,” kata Ganjar.

Secara spesifik, Ganjar menyoroti dissenting opinion yang disampaikan tiga hakim MK, salah satunya Arief Hidayat. “Yang menarik dalam catatan kami adalah dalam dissenting opinion itu disampaikan bahwa eksepsi-eksepsi yang ada ditolak. Maka hakim akan mengadili hakim tidak hanya bicara kalkulator lebih bicara substantif bahkan tadi Pak Arief (Hakim MK Arief Hidayat) sampai mengabulkan,” ujarnya.

“Maka artinya nurani hakim punya ruang sendiri untuk bisa mengekspresikan dalam bentuk putusan. Dan saya kira ini adalah proses panjang yang harus kita hormati saya dan Pak Mahfud tinggal hari ini saja akhir dari sebuah perjalanan,” lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Ganjar & Mahfud MD Tiba di Gedung MK Jelang Sidang Sengketa Pilpres


(miq/miq)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *