Jakarta, CNBC Indonesia – Harga bawang merah terpantau bergerak naik. Bahkan, di wilayah pasar di DKI Jakarta harganya tembus mencapai Rp80.000 per kg.

Dari pantauan CNBC Indonesia di dua pasar tradisional di daerah Jakarta Pusat, Pasar Gandaria dan Pasar Gondangdia pagi hari ini, Senin (22/4/2024), harga bawang merah serempak berada di level Rp80.000 per kg.

Berdasarkan penuturan para pedagang di kedua pasar tersebut, harga bawang merah mulai bergerak naik secara bertahap dari 10 hari menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Hari ini bawang merah masih di harga Rp80.000 per kg. Mulai naik dari sebelum Lebaran, kalau nggak salah naiknya 10 hari sebelum Lebaran. Ini kalau kemarin-kemarin naiknya bertahap, sekarang bertahan di Rp80.000, belum ada turun-turun yang khusus eceran,” kata Asep salah seorang pedagang di Pasar Gandaria, Jakarta Pusat.




Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Pedagang lainnya, yang akrab disapa Kus, mengaku menjual harga bawang merah di harga Rp80.000 per kg. Meski banyak mendapatkan protes dari para langganannya, Kus menyebut para pelanggannya tetap membeli bawang merah dengan harga tinggi tersebut.

“Harga bawang merah saya jualnya Rp80.000 (per kg), banyak yang protes sih, tapi yaudah mereka tetap beli juga,” ujar Kus.

Kus menyebut harga bawang merah Rp80.000 per kg rata hampir di semua pasar tradisional di DKI Jakarta. “Harga bawang merah rata semua sih ini kayaknya di pasar-pasar di Jakarta. Memang segini pasarannya, karena semua di mana-mana juga segitu,” tukasnya.

Sementara untuk harga bawang putih, menurut penuturan pedagang di Pasar Gondangdia, Rosidi, harga bawang putih hari ini berada di level Rp45.000 per kg. Ia menyebut harga itu stabil tinggi sejak momen Lebaran Idul Fitri, tidak terjadi kenaikan maupun penurunan harga.

“Bawang putih Rp45.000 per kg, belum ada naik atau turun lagi dari Lebaran kemarin,” ungkap Rosidi.

Sedangkan Asep, pedagang di Pasar Gandaria mengatakan harga bawang putih saat ini masih simpang siur, sehingga banyak agen distributor bawang putih yang enggan memasok salah satu komoditas bumbu dapur tersebut. Asep mengaku menjual harga bawang putih hari ini di level Rp60.000 per kg.

“Ini masih simpang siur harga sekarang, soalnya sekarang masih bisa jual Rp60.000 (per kg), nggak tahu kalau besok. Soalnya semalam saja saya mau belanja di agen katanya lagi kosong barangnya (bawang putih). Mereka gak berani nyetok, soalnya lagi goncang harganya,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Jelang Tahun Baru, Harga Bawang Merah Tiba-Tiba Meroket


(wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *