Jakarta, CNBC Indonesia – Lima roket dilaporkan menyerang pangkalan militer Amerika Serikat (AS). Roket-roket tersebut diluncurkan dari Zummar, Irak, menuju pangkalan militer Paman Sam di Suriah, Minggu malam waktu setempat.

Ini menjadi serangan perdana ke pasukan AS di negeri itu sejak kelompok-kelompok pro Iran di Irak menghentikan serangan Februari. Dua sumber keamanan Irak mengungkap roket dipasang di belakang sebuah truk yang diparkir namun kemudian kendaraan itu pun terbakar.

Mengutip Reuters Senin (21/4/2024), serangan itu terjadi satu hari setelah ledakan besar di sebuah pangkalan militer di Irak pada Sabtu pagi yang menewaskan seorang anggota pasukan keamanan Irak. Tentara mengatakan sedang menyelidiki dan tidak ada pesawat tempur di langit pada saat itu.

Belum ada konfirmasi apakah serangan Minggu itu mengenai sasaran atau tidak termasuk apakah ada kerusakan dan korban. Pasukan keamanan Irak kini dikerahkan di daerah tersebut dan melancarkan perburuan terhadap para pelaku yang melarikan diri.

Hal senada juga dilaporkan AFP. Disebutkan bagaimana roket ditembakkan Minggu malam dari Irak utara ke Suriah ke pangkalan militer koalisi pimpinan AS yang bertugas melawan milisi di sana.

“Pasukan keamanan Irak melancarkan operasi pencarian besar-besaran di provinsi utara Niniveh setelah serangan itu,” ujar koalisi dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah serangan besar pertama terhadap pasukan koalisi dalam beberapa minggu terakhir,” tambahnya.

Perlu diketahui situasi Timur Tengah memanas karena perang Israel ke Gaza sejak Oktober 2023 yang hingga Senin telah memakan korban jiwa 34.000 orang, termasuk anak-anak dan wanita. AS sendiri menjadi sekutu Israel yang memveto sejumlah resolusi damai di PBB.

Situasi juga makin tegang karena serangan Israel ke konsulat Iran di Suriah pada awal April, yang dibalas dengan tembakan 300 rudal Iran ke Israel pekan lalu. Israel disebut pula kembali membalas serangan itu Jumat di mana ada laporan ledakan di kantong nuklir Iran, Isfahan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Zona Kedutaan AS Diserang Roket, Terdengar Ledakan Keras


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *