Jakarta, CNBC Indonesia – Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara ditutup sementara. Hal ini imbas erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan Bandara Sam Ratulangi ditutup sementara hingga perkiraan pukul 16.00 WITA.

“Iya betul ditutup sementara sampai perkiraan pukul 16.00 WITA,” ungkap Adita kepada CNBC Indonesia, Kamis (18/4/2024).

PT Angkasa Pura I (AP I) sendiri selaku pengelola sudah menyetop sementara operasional bandara lantaran adanya abu vulkanik hasil erupsi. Bandara akan dibuka kembali sampai pemberitahuan selanjutnya. Untuk sementara, pihaknya melakukan rapat koordinasi untuk memutuskan hal-hal yang perlu untuk ditindaklanjuti terhadap pesawat yang terdampak.

Akibat penutupan ini, beberapa jadwal penerbangan terganggu dan dibatalkan. Jadwal penerbangan dari Manado menuju Jakarta, Makassar, dan Sorong, mengalami penundaan. Demikian pula dengan kedatangan dari China dan Ternate.

Status Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro naik dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas. Peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada Rabu 17 April 2024 pukul 18.00 WITA dengan ketinggian semburan material mencapai 2.500 meter dari puncak.

Kemudian Rabu (17/4) pukul 20.15 WITA kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak. Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ruang.

[Gambas:Video CNBC]

(wur/wur)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *