Jakarta, CNBC Indonesia – Waktu tempuh perjalanan dari Jakarta dan sekitarnya ke Merak naik signifikan selama periode mudik lebaran 2024. Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, hari ini waktu tempuh hingga dapat naik ke atas kapas tembus tujuh jam.

Salah satu pusat kemacetan adalah sebelum embarkasi ke kapal, di mana calon penumpang harus mengantri dalam tiga kantong berbeda sebelum dapat naik ke kapal. Antrian tersebut sendiri dapat memakan waktu hingga 4 jam.




Suasana dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (6/4/2024). (CNBC Indonesia/Sefti Oktaranisa).Foto: Suasana dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (6/4/2024). (CNBC Indonesia/Sefti Oktaranisa).
Suasana dermaga eksekutif di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (6/4/2024). (CNBC Indonesia/Sefti Oktaranisa).

Sebelum sampai pelabuhan Merak, lemacetan parah juga terjadi di Tol Tangerang-Merak KM 95. Dari pantauan CNBC Indonesia sekitar pukul 3:41 WIB, kendaraan yang melintas bahkan terhenti beberapa menit tak bergerak.

CNBC Indonesia masih mencoba mengonfirmasi penyebab kemacetan. Namun merujuk ke tahun-tahun mudik sebelumnya, ini kemungkinan terjadi karena penumpukan antrean pemudik ke gerbang tol merak di mana Km 95 biasanya menjadi titik awal kemacetan.

Saat berita dilaporkan, di lapangan terlihat pula truk masih ikut melintas di jalur tersebut. Terlihat beberapa pengendara pun keluar dari mobil untuk melihat situasi.




Kemacetan di Tol SerangFoto: Sef
Kemacetan di Tol Serang

“Memang mungkin puncak arus mudik karena libur, jadi kita nikmati dulu saja macetnya,” kata Prabu salah satu pengemudi tujuan Sumatera.

Sebelumnya kemacetan juga terjadi di KM 68. Polisi melakukan delay sistem, di mana semua kendaraan diarahkan ke rest area terdekat.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Puncak I Mudik Nataru, Begini Kondisi Terbaru Pelabuhan Merak


(sef/fsd)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *