Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, melakukan lawatan ke Malaysia. Lawatan ini dilakukan setelah Prabowo berkunjung ke China dan Jepang untuk bertemu pemimpin kedua negara, Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida.

Prabowo mendarat di Pangkalan Udara Subang di Shah Alam, Selangor, Malaysia, Rabu malam. Ia didampingi sejumlah pejabat Delegasi RI yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, dan Kabaranahan Kemhan.

Pada Kamis, Prabowo menemui PM Malaysia Anwar Ibrahim. Media Malaymail mengatakan Prabowo tiba di Perdana Putra, yang merupakan kantor PM, pada pukul 9 pagi, waktu setempat. Ini merupakan kunjungan pertama Prabowo ke Malaysia setelah resmi diumumkan sebagai pemenang Pilpres Indonesia periode 2024-2029.

Dalam laman resmi Kementerian Pertahanan kunjungan Prabowo juga dipublikasikan. Dikabarkan ini dilakukan untuk menggali dan mengembangkan hubungan pertahanan antara Indonesia dan Malaysia. 

“Pertemuan kedua negara ini didasari pada keinginan untuk memperkuat hubungan diplomatik serta rasa optimisme bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin signifikan di masa yang akan datang,” tulis laman tersebut, Kamis (4/4/2024).

Kunjungan ini sendiri merupakan dari rangkaian pertama lawatan Prabowo setelah terpilih menjadi presiden RI. Sebelumnya, ia pergi ke Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping dan ke Tokyo untuk menyambangi PM Jepang Fumio Kishida.

Dari kedua kunjungan tersebut, baik Xi maupun Kishida sepakat untuk mempererat dan mengembangkan hubungan dengan Indonesia saat kepemimpinan baru, yang akan dikomandoi Prabowo, memegang kursi pemerintahan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Prabowo Terima Penghargaan Tertinggi Militer di Singapura


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *