Jakarta, CNBC Indonesia – Tim penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung telah menyita beberapa harta milik tersangka kasus dugaan korupsi ) PT Timah Tbk, Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi.

Penyitaan itu dilakukan sebagai bagian dari pengumpulan barang bukti dari tindak pidana yang menyeret Harvey. Di antaranya dua buah unit mobil mewah yaitu mobil Mini Cooper S Countryman F 60 berwarna merah dan mobil Rolls Royce berwarna hitam.

Selain itu ada harta lainnya seperti uang senilai Rp 76 miliar, logam mulia, serta sejumlah jam tangan seperti Rolex Chronograph Paul Newman hingga Patek Philippe Nautilus 5980R/001. Semuanya diperoleh dari hasil penggeledahan kediaman Harvey pada awal pekan ini.

“Kegiatan penggeledahan dan penyitaan dilakukan oleh Tim Penyidik untuk menindaklanjuti kesesuaian hasil dari pemeriksaan/keterangan para tersangka dan saksi mengenai aliran dana yang diduga berasal dari beberapa perusahaan yang terkait dengan kegiatan tata niaga timah ilegal,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan catatan tim riset CNBC Indonesia, barang-barang Harvey itu bukanlah barang-barang murah. Harganya mencapai miliaran rupiah. Berikut ini rincian harganya:

Harta pertama yang menjadi sorotan publik ialah jet pribadi Harvey Moeis. Mengutip Bankrate, harga jet pribadi berkisar US$2 juta (Rp31 miliar) hingga US$660 juta (Rp10 triliun).

Harvey juga memiliki rumah mewah senilai Rp 271 miliar di Australia dengan ukuran rumah yang cukup luas dan memiliki fasilitas lengkap mulai dari tempat bermain anak, lapangan basket dan memiliki ruang santai keluarga yang cukup luas.

Harvey juga merupakan pecinta supercar dan aneka kendaraan mewah. Meski jarang dipamerkan secara langsung, namun beberapa koleksi mobil mewah hingga pesawat jet Harvey pernah diunggah oleh Sandra Dewi di Insta Story akun Instagram pribadinya.

Di antaranya ialah Roll-Royce Ghost Extended W Rp23 miliar, Ferrari 488 Pista Rp13 miliar, Mercedes-Benz SLS AMG Rp10 miliar, Bentley Bentayga Rp9,2 miliar, Lexus LX 570 Rp3,5 miliar, Toyota Alphard Rp1 miliar, Mini Cooper Rp900 juta, Jet Pribadi Bombardier Challenger 605 Rp270 miliar.

Selain koleksi kendaraan mewah, Harvey juga diketahui gemar mengoleksi jam tangan mewah dengan harga mulai ratusan juta hingga puluhan miliar. Misalnya, Rolex Chronograph Paul Newman Rp24,8 miliar, Richard Mille RM 35-02 Rafael Nadal Rp2,2 miliar, Patek Philippe Nautilus 5980R/001 Rp2,1 miliar, Patek Philippe Nautilus 5990/1A-001 Rp2 miliar, Audemars Piguet Royal Oak Rp2 miliar, dan Rolex Cosmograph Daytona 116520 Rp400 juta.

Sumber Uang Harvey Moeis

Harvey Moeis merupakan seorang pengusaha yang lahir pada 30 November 1985 berdarah keturunan Papua, Ambon, dan Makassar. Diketahui Harvey bukan orang baru dalam bidang komoditas dan pertambangan.

Sumber kekayaan Harvey berasal dari bisnis pertambangan. Keluarga besar Harvey telah lama bergerak di bisnis batu bara, dengan memiliki sejumlah perusahaan seperti PT Refined Bangka Tin, CV Venus Inti Perkasa, dan lainnya.

Harvey memiliki sejumlah bisnis di sektor tambang batu bara yakni PT Multi Harapan Utama (MHU) di Kalimantan Timur sebagai Presiden Komisaris.

Harvey juga memiliki kepemilikan saham di beberapa perusahaan pertambangan yakni PT Refined Bangka Tin (RBT), CV Venus Inti Perkasa, PT Tinindo Inter Nusa, PT Sariwiguna Bina Sentosa dan PT Stanindo Inti Perkasa.

Dalam situs resmi perusahaan, RBT merupakan salah satu produsen Timah Murni Batangan (Tin Ingot) terbesar di Indonesia. Perusahaan ini menghasilkan Timah Murni Batangan berkualitas tinggi dengan Sn 99,90% sampai 99,99% (di atas standar LME) dan Pb di bawah 300ppm.

Adapun, orang tua Harvey bukan orang sembarangan, ia lahir dari pasangan konglomerat, yakni ibunda Harvey bernama Irma Silviani, sedangkan ayahnya Hayong Moeis telah meninggal dunia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Video: Fakta Korupsi Timah Rp 271 T Yang Menjerat Suami Sandra Dewi


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *