Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto baru saja bertemu dengan Duta Besar Singapura untuk Indonesia H.E. Kwok Fook Seng, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta.

Pertemuan ini juga sebagai tindak lanjut kehadiran Airlangga dalam Indonesia-Singapore Business Forum (ISBF) 2024 di Singapura pada 27 Maret 2024 lalu. Airlangga juga memberikan sambutan Special Address pada forum yang dihadiri para eksekutif tertinggi perusahaan Singapura.

“Saya sangat senang dapat menghadiri forum ISBF dan memperoleh kesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa petinggi kalangan bisnis Singapura yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia,” kata Airlangga.

Dalam waktu dekat Airlangga akan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong membahas kerangka kerja sama bilateral ekonomi 6 Working Groups (WG) Indonesia-Singapura.

Kerja sama 6 WG merupakan forum bilateral yang bertujuan meningkatkan kolaborasi ekonomi kedua negara di mana salah satu area kerja sama mencakup kawasan ekonomi Batam, Bintan, Karimun (BBK) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) lainnya. Kerja sama juga mencakup peningkatan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata.

“Diharapkan Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para Leaders,” lanjut Airlangga.

Pelaksanaan Ministerial Meeting (MM) 6 WG direncanakan untuk dirangkaikan dengan penyelenggaraan IPEF Clean Economy Investor Forum pada Juni 2024 di Singapura.

Sementara itu, rencana waktu dan tempat pelaksanaan pertemuan Leaders’ Retreat (LR) masih sedang dibicarakan oleh kedua pemerintahan. Diketahui pertemuan LR tahun ini merupakan LR terakhir bagi kedua pemimpin negara karena Presiden Joko Widodo akan mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober 2024 dan PM Lee Hsien Loong akan menyerahkan jabatan PM sebelum November 2024.

Dalam rangka persiapan MM 6 WG, akan dilaksanakan pertemuan Senior Officials’ Meeting (SOM) pada Mei 2024 di Yogyakarta, menghadirkan perwakilan dari masing-masing kelompok kerja 6 WG untuk menyampaikan perkembangan masing-masing pokja.

“Saya menantikan kabar positif dari para kelompok kerja 6 WG, menjelang Pertemuan Tingkat Menteri di Singapura nanti,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Ekonomi 2024 Bak Naik Gunung, Oksigen Tipis & Cuaca Hujan


(mij/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *