Jakarta, CNBC Indonesia – Bawean, Jawa Tengah, dilanda gempa tektonik pada sore hari ini, pukul 17:51 WIB, Kamis (4/4/2024). Gempa ini memiliki parameter 4,1 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Sleman Setyoajie Prayoedhie mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.68 LS, 112.41 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada 141 km Timur Laut Tuban-Jatim pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif di Laut Jawa,” kata Setyoajie, dalam pernyataan resminya, Kamis (4/4/2024).

Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap),gempabumi ini dirasakan diBawean dengan skala intensitas IIIMMI (Bila siang hari dirasakan oleh orang banyakdidalam rumah). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibatgempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini ‘Tidak Berpotensi Tsunami’.

Setyoajie menegaskan gempa bumi ini merupakan bagian rangkaian gempa bumi Laut Jawa M6,0 yang terjadi pada hari Jumat pukul 11:22:45 WIB.

“Hingga hari Kamis 04 April 2024 pukul 18.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 478 aktivitas gempa bumi,” paparnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Tuban, Waspada Susulan


(haa/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *