Jakarta, CNBC Indonesia – Di Indonesia, produk halal yang terafiliasi dengan Israel, secara langsung atau tidak, mendapatkan sentimen buruk. Tak sedikit pula yang memboikotnya dengan tujuan memengaruhi opini publik terhadap entitas terkait agar berhenti mendukung pasukan zionis.

Lalu bagaimana situasi seperti ini di Amerika Serikat (AS)?

James Chambers, Chief Operating Officer (COO) American Halal Foundation (AHF), mengatakan produk-produk halal dalam komunitas Muslim Amerika secara khusus menjadi salah satu dari pasar dengan pertumbuhan tercepat. Berkat kesadaran yang besar para Muslim, produk-produk halal tersebut menjadi area pertumbuhan besar.

“Jadi untuk menjawab pertanyaan Anda secara tidak langsung, menurut saya (Indonesia dan Malaysia) memiliki banyak konsumen Muslim yang sangat mengetahui apa yang terjadi di Gaza, sehingga dapat membuat pilihan ekonomi dan mengambil keputusan tersebut,” kata James saat ditemui di Jakarta Selatan, dikutip Rabu (3/4/2024).

Menurutnya, semua Muslim saat ini tengah berada pada pilihan yang sama. James, seorang Muslim yang sudah terlibat dalam industri halal selama 19 tahun ini menyebut sama-samanmerasakan sakit dan penderitaan yang dialami warga Gaza.

“Kami memang tidak mengalaminya tapi kami ingin mendukung, berarti saya akan membeli produk Anda yang dibuat di Amerika dan bersertifikat halal,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Aly Ghanim, Quality Manager/Senior Technical Auditor untuk ISWA Halal Certification (USA Halal Chamber of Commerce, Inc.), mengatakan dirinya telah melihat upaya bersama dari banyak umat Islam untuk mendukung produk-produk bersertifikat halal, yang tidak berkontribusi terhadap penderitaan umat Islam khususnya di Gaza.

“Ada upaya umat Islam untuk mendukung produk yang mereka tahu bersertifikat halal. Dan, seperti yang James katakan, jika saya bisa mendukung perusahaan ini karena akan memberi manfaat bagi komunitas Muslim,” katanya.

Baik James dan Aly kini tengah mencoba menyasar pasar Indonesia dengan produk-produk dari AS yang bersetifikasi halal. Saat ini AHF dan ISWA Halal Certification bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mendapatkan sertifikasi halal sesuai dengan ketentuan di Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Heboh India Larang Produk Halal, Ini Sebabnya


(sef/sef)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *