Jakarta, CNBC Indonesia – Empat menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap memenuhi panggilan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2024.

Jokowi juga telah memberikan arahan agar seluruh pertanyaan bisa dijawab secara lengkap sesuai kewenangan. Terutama dalam hal bantuan sosial (bansos) yang menjadi salah satu tuntutan para penggugat.

“Kalau bu Menteri Keuangan misalnya mengenai anggaran seperti apa. Kalau bu Mensos mengenai bantuan sosial dijelaskan seperti apa. Nanti akan dijelaskan semuanya ditunggu saja hari Jumat,” kata Jokowi kepada wartawan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah menjadwalkan kehadiran ke MK pada Jumat 5 April 2024 pukul 08.00 WIB.

“Insya Allah saya hadir di MK,” kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung AA Maramis, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga memastikan datang memenuhi undangan Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan jajaran menteri lainnya yang diundang oleh MK

“Iya datang. Kalau pemerintah kan biasa ada komunikasi, semua kementerian ada komunikasi,” ujar Airlangga di kantornya, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Ia mengakui komunikasi yang dijalin itu terkait dengan penjelasan penggunaan bantuan sosial (Bansos) ketika nantinya di MK. Ia menekankan, program bansos merupakan program rutin yang dibahas antar kementerian.

“Kita kan sudah sering bahas mengenai APBN, mengenai program bansos. Sejak Covid kan kita sudah bahas soal bansos, jadi itu suatu yang rutin bahkan dari Covid itu mingguan kita bahas. Jadi normal saja pembahasan,” ucapnya.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Sosial Tri Rismaharini juga dipastikan hadir dalam sidang tersebut.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Bansos Diklaim Alat Politik Jokowi, Sri Mulyani Buka Faktanya!


(arm/mij)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *